Tutorial Computer Cara Merubah Ukuran Partisi Menggunakan EPM

Tutorial Computer Cara Merubah Ukuran Partisi Menggunakan EPM

Kali ini saya  akan mencoba kembali mengulas seputar tips & trik komputer yaitu cara menambah ukuran partisi disk D dari disk C atau E dengan menggunakan EASEUS Partition Master Home Edition. Pada umumnya ukuran disk C lebih kecil daripada disk D ataupun disk E, padahal disk C adalah salah satu partisi yang tentunya sering diisi oleh program-program apalagi game-game yang cukup berat, sehingga ukuran size-nya pun juga harus besar kan? 

Lalu Bagaimana untuk menambah ukuran local disk D? Caranya mudah, kita cukup mengambil ruang kosong yang ada dari local disk E atau C.
 Lalu bagaimana kalau local disk E juga hampir penuh? Jika local disk E juga hampir penuh kita harus mengambil dari C. Setelah disk C ukurannya berkurang dan ada ruang kosong, baru kita pindah ke disk D. (harus sesuai urutan)
Begitulah inti cara kerjanya.
Cara melakukan partisi untuk melakukan hal diatas dengan mudah adalah dengan menggunakan software Partition Magic yaitu EASEUS Partition Master Home Edition.
Kita ambil saja yang versi home edition, karena yang versi ini gratis dan sudah cukup digunakan untuk kebutuhan sendiri.
 Langkah-langkahnya sebagai berikut :
Pertama – Download dulu EASEUS Partition Master Home Edition kemudian Instal,Setelah selesai Instal kemudian buka sehingga muncul tampilan sebagai berikut.
Kedua – Lihat partisi di bagian bawah yang akan dikurangi dan ditambahkan. Klik kanan pada partisi yang ingin dikurangi (missal : H), pilih Resize/Move partition. Pada kolom Decice size and position, geser dari pinggir kana  kearah kiri sesuai ukuran yang ingin dikurangi. Kemudian klik OK.
Ketiga – Setelah itu akan terlihat partisi yang unallocated disebelah partisi C. Kemudian Klik kanan pada partisi D, pilih Resize/Move partition. Pada kolong Decice size and position, geser dari tengah mentok kearah kiri sesuai ukuran yang dikurangi tadi. Kemudian klik OK


Keempat – Kemudian klik Apply dan Yes. 
Setelah melakukan tutorial tersebut dan jika disuruh restart, maka restart saja. Dan nanti partition magic akan melakukan partisi saat windows di restart. Kurang lebih memakan waktu 15-30 menit saat proses 
EASEUS Partition Master Boot Mode, tergantung banyak sedikitnya ukuran yg dipartisi.

                                                                               Lihat Videonya Di Bawah Ini

Previous
Next Post »